SPACE AVAILABLE!!!       Telp: "0822-3131-4900"

Amalan Apa Saja Yang Dikerjakan Di Bulan Suci Ramadhan?

Ibadah Shalat Tarawih.


1. Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat malam yang spesial dilakukan di bulan Ramadan.

2. Hukum shalat tarawih adalah sunnah.

3. Shalat tarawih dilakukan secara berjamaah dan dianjurkan rutin dijaga tiap malam.

4. Keutamaan shalat tarawih adalah:
• akan mendapatkan pengampunan dosa.
• jika dilakukan bersama imam hingga berjamaah selesai, dicatat mendapatkan pahala shalat semalam suntuk.
• Seutama-utamanya shalat.

5. Shalat tarawih bisa dilakukan 11 atau 23 rakaat, bisa pula lebih dari itu karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak membatasi jumlah rakaat shalat malam.

6. Shalat tarawih yang paling bagus adalah yang lama selesainya.

7. Shalat tarawih dilakukan dengan setiap dua rakaat salam. Jika ada yang melakukan dengan empat rakaat salam, tetap sah.

8. Wanita muslimah boleh melakukan shalat tarawih di masjid. Namun, jika shalat tarawih dikerjakan di rumah, itu lebih afdal bagi muslimah sebagaimana halnya shalat lima waktu.

9. Shalat tarawih ditutup dengan shalat witir (rakaat ganjil). Jika dilakukan tiga rakaat, bisa mengerjakan dengan pola dua rakaat salam, lalu satu rakaat salam, atau dengan pola tiga 
rakaat sekaligus salam tanpa tahiyat awal.

10. Setelah shalat witir dianjurkan membaca “SUBHAANAL MAALIKIL QUDDUS, SUBHAANAL MAALIKIL QUDDUS, SUBHAANAL MALIKI QUDDUS, ROBBIL MALAA-IKATI WAR RUUH”.

Daftar amalan yang dilakukan saat puasa


Membaca Khatam Al-Quran.


1. Waktu-waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-quran pada bulan Ramadan berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, secara umum dianjurkan pada waktu-waktu berikut ini: (1) antara azan dan iqamah untuk shalat fardu, (2) setelah selesai shalat fardu, (3) menjelang berbuka puasa, (4) waktu sahur, (5) waktu-waktu senggang di sela-sela pekerjaaan atau belajar mengajar, atau ketika menunggu sesuatu, ketika menyetir (bagi yang hafal), bahkan ketika kita berhenti menunggu lampu hijau.

2. Kemampuan dan kekuatan setiap orang berbeda-beda. Ada yang mampu tamat sekali dalam sebulan, dua kali, tiga kali, atau lebih dari itu.

3. Alangkah baiknya selain membanyakkan membaca Alquran juga disertai dengan menghafalkan beberapa juz selama bulan Ramadan. 

4. Berikut ini tabel yang dapat membantu program menamatkan Alquran pada bulan Ramadan.

program khatam al qur'an dalam sebulan



Iktikaf Pada Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan.

Iktikaf itu sunnah yang dianjurkan.
Syarat iktikaf:
1. Berniat iktikaf
2. Berdiam
3. Berdiam di masjid
4. Orang yang melakukan: muslim, berakal, suci dari hadats besar.

Doa Dan Dzikir Pada Bulan Ramadhan.


1. Dzikir ketika melihat hilal.
“ALLAHUMMA AHLIL-HU ‘ALAYNAA BIL-YUMNI WAL IIMAANI WAS SALAAMATI WAL ISLAAMI. ROBBII WA ROBBUKALLAH." (Artinya: Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu--wahai bulan sabit--adalah Allah).

2. Ucapan ketika dicela atau diusilin orang lain saat berpuasa.
 “INNII SHOIMUN, INNII SHOIMUN." (Artinya: aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa).

3. Membaca “bismillah” ketika memulai makan sahur dan berbuka puasa, atau aktivitas makan lainnya. Selesai makan, diperintahkan membaca “alhamdulillah”.

4. Doa ketika berbuka puasa.
Tetap diawali dengan membaca “bismillah”, lalu menyantap kurma atau makanan ringan, lalu diikutkan dengan: “DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU INSYA ALLAH. (Artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah).”

5. Doa kepada orang yang memberi makan dan minum.
“ALLAHUMMA ATH’IM MAN ATH’AMANII WA ASQI MAN ASQOONII. (Artinya: Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku).”

6. Doa ketika berbuka puasa di rumah orang lain.
“AFTHORO ‘INDAKUMUSH SHOO-IMUUNA WA AKALA THO’AMAKUMUL ABROOR WA SHOLLAT ‘ALAIKUMUL MALAA-IKAH. (Artinya: Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat)."

7. Doa dimalam lailatul qodar.
“ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TU-HIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNII (Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).”

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama