SPACE AVAILABLE!!!       Telp: "0822-3131-4900"

Tafsir Jalalain Surah At Tin

Surah At-Tin adalah surah ke-95 dalam al-Qur'an, surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah Al-Buruj, nama At-Tin diambil dari kata At Tin yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya buah Tin.


Apa itu Buah Tin, hingga namanya tercantum dalam Al-Qur'an? Apakah keistimewaannya? Penulis akan bahas lebih lanjut tentang apa itu buah tin dan manfaatnya. Selain buah tin atau buah ara, dalam surah ini disebutkan pula nama buah zaitun serta nama bukit sinai yang juga nanti akan coba penulis jelaskan lebih detail lagi.


Tafsir surah at tin


Al-Qur'an merupakan landasan utama dalam penentuan hukum syari'at Islam. Selain itu, Al Qur'an juga sebagai pedoman hidup dalam beragama bagi seorang muslim. Di dalamnya banyak terkandung pengetahuan tentang fiqih, aqidah, akhlah, sejarah, sains dan ilmu-ilmu lainnya. Maka akan sangat penting bagi kita untuk bisa memahami  apa saja yang terkandung di dalam kitab suci Al-qur'an tersebut. Metode untuk memahami isi Al Qur'an inilah yang disebut dengan Tafsir Al Qur'an.


Bagi sobat Lentera yang ingin belajar ilmu tafsir Al Qur'an, sangat dianjurkan untuk mempelajarinya melalui seorang Guru yang memiliki sanad keilmuan yang jelas. Sebenarnya ada beberapa tafsir yang telah diakui dan disepakati oleh Ulama'-ulama' dunia, diantaranya: Tafsir Qurtubi, Tafsir Tabari, Tafsir Ibnu Kathir, Tafsir Jalalain dan masih banyak lagi yang lain.


Penulis telah memilih tafsir Jalalain sebagai pilihan pembelajaran untuk pembaca semuanya. Kenapa dinamakan Jalalain? Kata Jalalain sendiri bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti 2 (dua) jalal. Diberi nama Jalalain karena kitab tafsir tersebut dikarang oleh dua Ulama' ahli tafsir yang nama depannya memiliki kesamaan yakni Jalaludin As Suyuthi dan Jalaludin Al Mahali.

  • Teks Ayat berbahasa Arab.
  • Terjemahan English Shahih International.
  • Tafsir kitab Jalalain karya imam Jalaludin as-Suyuthi dan Jalaludin al-Mahalli.

Tafsir Surah At Tin Ayat 1-8


At-Tin 95:1

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Demi Tin dan Zaitun) keduanya adalah nama buah, atau dapat juga keduanya diartikan nama dua buah gunung yang menumbuhkan kedua buah tersebut.

English - Sahih International

By the fig and the olive

At-Tin 95:2

وَطُورِ سِينِينَ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Dan demi bukit Sinai) nama sebuah bukit tempat sewaktu Allah swt. berfirman kepada Nabi Musa. Arti lafal Siiniina ialah yang diberkahi atau yang baik karena memiliki banyak pohon yang menghasilkan buah.

English - Sahih International

And [by] Mount Sinai.

At-Tin 95:3

وَهَٰذَا ٱلْبَلَدِ ٱلْأَمِينِ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Dan demi kota ini yang aman) yaitu kota Mekah, dinamakan kota aman karena orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa aman, baik pada zaman jahiliah maupun di zaman Islam.

English - Sahih International

And [by] this secure city [i.e., Makkah],

At-Tin 95:4

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia) artinya semua manusia (dalam bentuk yang sebaik-baiknya) artinya baik bentuk atau pun penampilannya amatlah baik.

English - Sahih International

We have certainly created man in the best of stature;

At-Tin 95:5

ثُمَّ رَدَدْنَٰهُ أَسْفَلَ سَٰفِلِينَ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Kemudian Kami kembalikan dia) maksudnya sebagian di antara mereka (ke tempat yang serendah-rendahnya) ungkapan ini merupakan kata kiasan bagi masa tua, karena jika usia telah lanjut kekuatan pun sudah mulai melemah dan pikun. Dengan demikian ia akan berkurang dalam beramal, berbeda dengan sewaktu masih muda; sekalipun demikian dalam hal mendapat pahala ia akan mendapat imbalan yang sama sebagaimana sewaktu ia beramal di kala masih muda, hal ini diungkapkan dalam firman selanjutnya, yaitu:

English - Sahih International

Then We return him to the lowest of the low,

At-Tin 95:6

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Kecuali) melainkan (orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya) atau pahala yang tak pernah terputus. Di dalam sebuah hadis telah disebutkan, bahwa apabila orang mukmin mencapai usia tua hingga ia tidak mampu lagi untuk mengerjakan amal kebaikan, maka dituliskan baginya pahala amal kebaikan yang biasa ia kerjakan di masa mudanya dahulu.

English - Sahih International

Except for those who believe and do righteous deeds, for they will have a reward uninterrupted.

At-Tin 95:7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِٱلدِّينِ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan) hai orang kafir (sesudah itu) yakni sesudah hal-hal yang telah disebutkan tadi, yaitu mengenai penciptaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian dijadikan-Nya tua dan pikun, yang hal ini menunjukkan kepada kekuasaan-Nya untuk membangkitkan makhluk hidup kembali (hari pembalasan) yang terlebih dahulu diawali dengan hari kebangkitan lalu perhitungan amal perbuatan. Maksudnya apakah gerangan yang mendorongmu mendustakan hal tersebut? Tentu saja tidak ada yang mendorongnya untuk mendustakan hal tersebut selain dirinya sendiri.

English - Sahih International

So what yet causes you to deny the Recompense?

At-Tin 95:8

أَلَيْسَ ٱللَّهُ بِأَحْكَمِ ٱلْحَٰكِمِينَ 

Indonesia - Tafsir Jalalain

(Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?) artinya Dia adalah hakim yang paling adil di antara hakim-hakim yang adil lainnya, dan keputusan-Nya berdasarkan sifat tersebut. Di dalam sebuah hadis disebutkan, "Barang siapa membaca surah At-Tiin hingga akhir surah, maka hendaknya sesudah itu ia menjawab, 'Balaa Wa Anaa 'Alaa Dzaalika Minasy Syaahidiina/tentu saja kami termasuk orang-orang yang menyaksikan akan hal tersebut.'"

English - Sahih International

Is not Allah the most just of judges?


Penjelasan Tentang Buah Tin, Zaitun dan Bukit Sinai.


Buah Ara atau buah Tin adalah buah kaya akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Ada lima manfaat buah tin yang bisa diperoleh saat mengonsumsinya.

Buah bernama latin Ficus carica ini, seperti dilansir dari Healthline, Rabu (28/4/2021), memiliki bentuk yang sangat unik, menyerupai tetesan air mata.


Ukuran buah ara juga hanya sebesar ibu jari orang dewasa, dan berisi ratusan biji kecil, serta memiliki kulit buah berwarna ungu atau hijau yang bisa dimakan.


Berikut 5 manfaat buah tin yang sangat baik dikonsumsi.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu mengatur kadar gula darah.

4. Sebagai Obat Anti kanker.

5. Buah tin tingkatkan kesehatan kulit.

Refrensi: kompas


Zaitun atau dalam bahasa Inggris disebut olive adalah buah berukuran kecil yang tumbuh di pohon zaitun (Olea europaea).


Buah zaitun termasuk dalam kelompok buah yang disebut buah berbiji, atau buah batu, dan masih berhubungan dekat dengan mangga, ceri, persik, almond, dan pistachio.


Manfaat buah zaitun sangat banyak, terutama karena ia sangat tinggi vitamin E dan antioksidan kuat lainnya.


Mengutip U.S.National Library of Medicine, manfaat buah zaitun baik untuk jantung dan dapat melindungi tubuh dari osteoporosis dan kanker.


Selain itu, manfaat buah zaitun yang memiliki lemak sehat juga bisa diekstraksi untuk menghasilkan minyak zaitun, salah satu komponen utama dari diet Mediterania yang sangat sehat.


Berikut ini manfaat buah zaitun yang perlu diketahui:

1. Mengandung Antioksidan

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

4. Mencegah Kanker

5. Menurunkan Gula Darah

6. Membantu Penyerapan Nutrisi

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

8. Membantu Tetap Kenyang

Sumber: orami



Gunung Sinai (juga dikenal dengan nama Jabal Musa جبل موسَى dalam bahasa Arab) adalah sebuah gunung yang terletak di Semenanjung Sinai di Mesir. Tingginya 2.285 meter dan berada di barisan pegunungan di sebelah selatan semenanjung tersebut dengan titik koordinat 28°32′23″N 33°58′24″E.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama