SPACE AVAILABLE!!!       Telp: "0822-3131-4900"

35 Nama Lain Surah Al-Fatihah Beserta Artinya

Menurut kitab Khazinatul-Asrar karangan al-Ustadz Muhammad Haky an-Nazily, Surah al-fatihah ini mempunyai 30 nama. Nama-nama itu ada yang diambil dari berbagai hadist Nabi mengenai al-Fatihah. Dan adapula nama yang ditetapkan oleh para sahabat dan tabi'in. Nama-nama tersebut adalah sebagai berikut:



35 nama lain surah al fatihah


1. Al-Fatihah Atau Fatihatul-Kitab.
Artinya: ialah Pembuka atau Pembuka Kitab. Dan nama ini juga terdapat di dalam banyak hadist yang sudah kita sebutkan sebelum ini.

2. Ummul-Kitab.
Artinya: Induk Kitab. dan nama ini juga terdapat di dalam banyak hadist yang telah kita sebutkan sebelum ini. Ummul-Kitab diartikan bahwa al-Fatihah mengandung semua persoalan yang terdapat didalam al-Qur'an, yaitu Ketuhanan, Alam, Akhirat, Ibadah, dan Sejarah.

3. Ummul-Qur'an.
Artinya: Induk al-Quran. Nama ini juga terdapat pada Hadist. Berbagai pendapat kenapa dinamakan Ummul Quran. Di antaranya adalah karena al-Fatihah ini isinya dianggap sebagai keringkasan dari isi Al-qur'an

4. Al-Quran Al-Azhim.
Artinya: Bacaan Agung. Nama ini terdapat dalam Hadist. Dinamakan bacan agung karena isi Al-Fatihah semuanya menyangkut Hal-hal yang amat Besar atau Agung.

5. As-Sab'ul Matsany.
Artinya: Tujuh yang Berulang-ulang. Nama ini adalah nama yang paling sering disebutkan dama hadist. Dinamakan tujuh, karena memang terdiri dari 7 ayat, dan dikatakan berulang-ulang karena memang beberapa ayat-ayatnya dibaca berulang,  baik di dalam ayat-ayat al-Qur'an lainnya atau dalam shalat dan diluar shalat. Ada juga yang mengartikan kata-kata Matsany berarti 2 bagian, karena sebagaian tersebut dalam hadist al-Fatihah itu terbagi 2. Satu bagian untuk Tuhan dan satu bagian lagi untuk manusia. Dan ada pula yang mengartikan kata-kata matsany itu berarti sanjungan, karena setiap ayat dari al-fatihah itu berisi sanjungan atau pujian terhadap Allah.

6. Al-Wafiah.
Artinya: Mencakup, karena isinya mencakup seluruh isi al-Quran dan meliputi keterangan-keterangan tentang Tuhan dan keterangan tentang manusia.

7. Al-Waqiah.
Artinya: Tameng. Nama ini diberikan oleh Yahya bin Abu Katsir, karena al-Fatihah ini dapat menamengi (menjaga) orang-orang yang membacanya dari berbagai bahaya dan penyakit, karena hadits yang diriwatkan oleh ad-Dailamy dari Imran bin Husain, telah berkata Rasulullah: "Siapa yang membaca al-Fatihah dan ayat Kursi di rumahnya, tidak dapat menimpa kepadanya penyakit 'ain dari manusia atau jin dihari itu."

8. Al-Kanzu.
Artinya: Perbendaharaan, atau tempat yang penuh dengan barang-barang berharga. Nama ini diambil dari Hadist: berkata Rasulullah, "Allah berkata bahwa al-Fatihah adalah suatu perbendaharaan dari perbendaharaan-perbendaharaan ArsyKu."

9. Al-Kafiah.
Artinya: Memadai. Karena al-Fatihah ini mencakup semua ayat-ayat dalam al-Quran dan ayat-ayat lain tidak mencakup akan isi al-fatihah ini. Dinamai al-Kafiah berdasarkan sebuah hadist mursal: Berkata Rasulullah, "Ummul Quran dapat jadi ganti lainnya, tetapi lainnya tidak dapat menjadi gantinya."

10. Al-Asas.
Artinya: Sendi atau dasar. dinamakan dengan nama ini oleh Sufyan bin Uyainah, karena dianggapnya sebagai dasar dari al-Quran dan ayat Bismillahir-rahmanir-rahiim dianggapnya sebagai dasar dari al-Fatihah.

11. Fatihatul-Quran.
Artinya: Pembuka Al-quran, karena letaknya di permulaan al-Quran. Atau boleh juga diartikan sebagai pintu masuk ke al-Quran.

12. Suratun-Nuur.
Artinya: Surah Cahaya, karena surah ini banyak membawa penerangan kepada manusia.

13. Suratul-Hamdi.
Artinya: Surah Pujian, karena isinya penuh dengan pujian kepada tuhan.

14. Suratus-Syukri.
Artinya: Surah Syukur, karena isinya penuh dengan rasa syukur kepada tuhan.

15. Suratul-Hamdil-Ula.
Artinya: Surah Pujian Pertama.

16. Suratul-Hamdil-Qashwa.
Artinya: Surah pujian terakhir.

17. Suratur-Ruqyah.
Artinya: Surah mantera atau Obat, karena dengan surah ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sebagaimana tersebut dalam hadist Abu Said al-Khudri.

18. Suratus-Syifa'.
Artinya: Surah yang mengandung kesembuhan (obat).

19. Suratus-Syafiyah.
Artinya: Surah yang menyembuhkan.

20. Suratus-Shalat.
Artinya: Surah yang dibaca tiap shalat.

21. Suratud-Do'a.
Artinya: Surah yang berisi doa. Tiap kita membaca surah ini berarti kita berdoa.

22. Suratut-Thalab.
Artinya: Surah berisi tuntutan (permintaan)

23. Suratus-Su'al.
Artinya: Surah yang berisi permintaan.

24. Suratu Ta'linil Masalah.
Artinya: Surah yang mengajarkan cara berdoa, yaitu dimulai dengan memuji dan mengenangkan kebesaran Tuhan.

25. Suratul-Munajah.
Artinya Surah yang berisi bisikan terhadap Tuhan.

26. Suratut-Tafwidh.
Artinya: Surah yang berisi penyerahan diri kepada Tuhan.

27. Suratul-Mukafaah.
Artinya: Surah Imbangan, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai imbangan terhadap harta benda orang lain (hadist).

28. Afdhalu Suwaril-Qur'an.
Artinya:  Surah yang terbaik dalam Al-Quran.

29. Akhiru Suwaril-Qur'an.
Artinya: Surah penutup dari al-Quran.

30. A'zhamu Suwaril-Qur'an.
Artinya: Surah terbesar dalam al-Quran.

Di dalamnya berbagai tafsir, nama-nama tersebut di atas ini ditambah dengan beberapa nama lagi, yaitu:

31. Suratul-Minnah.
Artinya: Surah yang mengandung cita-cita.

32. Suratul-Mujziyah.
Artinya: Surah yang memberi balasan.

33. Suratul-Munjiyah.
Artinya: Surah yang dapat membebaskan manusia dari berbagai kesulitan.

34. Suratus-Tsaqalain.
Artinya: Surah jin dan manusia.

35. Suratu-Majma'il Asma'.
Artinya: Surah yang mengandung nama-nama Tuhan.


Demikianlah 35 Nama lain dari surah al-Fatihah yang penulis rangkum beserta arti dari nama-nama tersebut. Semoga dengan mengetahui nama lain dari surah al-fatihah, kita juga mendapatkan berkah dari Allah melaluinya.

Refrensi: Buku Samudera Al-fatihah karya Bey Arifin.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama