SPACE AVAILABLE!!!       Telp: "0822-3131-4900"

Tasfir Al Qur'an Surah Al Humazah

Surah Al-Humazah adalah surah ke-104 dalam al-Qur'an, surah ini terdiri atas 9 ayat dan tergolong pada surah Makkiyah. Kata Al Humazah berarti pengumpat dan diambil dari ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah.


Al-Qur'an merupakan landasan utama dalam penentuan hukum syari'at Islam. Selain itu, Al Qur'an juga sebagai pedoman hidup dalam beragama bagi seorang muslim. Di dalamnya banyak terkandung pengetahuan tentang fiqih, aqidah, akhlah, sejarah, sains dan ilmu-ilmu lainnya. Maka akan sangat penting bagi kita untuk bisa memahami  apa saja yang terkandung di dalam kitab suci Al-qur'an tersebut. Metode untuk memahami isi Al Qur'an inilah yang disebut dengan Tafsir Al Qur'an.


Bagi sobat Lentera yang ingin belajar ilmu tafsir Al Qur'an, sangat dianjurkan untuk mempelajarinya melalui seorang Guru yang memiliki sanad keilmuan yang jelas. Sebenarnya ada beberapa tafsir yang telah diakui dan disepakati oleh Ulama'-ulama' dunia, diantaranya: Tafsir Qurtubi, Tafsir Tabari, Tafsir Ibnu Kathir, Tafsir Jalalain dan masih banyak lagi yang lain.


Dikesempatan ini, penulis memilih tafsir Jalalain sebagai pilihan pembelajaran untuk pembaca semuanya. Kenapa dinamakan Jalalain? Kata Jalalain sendiri bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti 2 (dua) jalal. Diberi nama Jalalain karena kitab tafsir tersebut dikarang oleh dua Ulama' ahli tafsir yang nama depannya memiliki kesamaan yakni Jalaludin As Suyuthi dan Jalaludin Al Mahali.

  • Teks Ayat berbahasa Arab.
  • Terjemahan English Shahih International.
  • Tafsir kitab Jalalain karya imam Jalaludin as-Suyuthi dan Jalaludin al-Mahalli.


Tafsir surah al humazah


Al-Humazah 104:1


وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Kecelakaanlah) lafal Al-Wail ini adalah kalimat kutukan, atau nama sebuah lembah di neraka Jahanam (bagi setiap pengumpat lagi pencela) artinya yang banyak mengumpat dan banyak mencela. Ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang-orang yang suka mengumpat Nabi saw. dan orang-orang mukmin, seperti Umaiyah bin Khalaf, Walid bin Mughirah dan lain-lainnya.


English - Sahih International


Woe to every scorner and mocker .


Al-Humazah 104:2


ٱلَّذِى جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُۥ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Yang mengumpulkan) dapat dibaca Jama'a dan Jamma'a (harta dan menghitung-hitungnya) dan menjadikannya sebagai bekal untuk menghadapi bencana dan malapetaka.


English - Sahih International


Who collects wealth and [continuously] counts it.


Al-Humazah 104:4


كَلَّاۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Sekali-kali tidak!) kalimat ini mengandung makna sanggahan. (Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan) menjadi Jawab Qasam dari lafal yang tidak disebutkan; artinya sesungguhnya dia benar-benar akan dicampakkan (ke dalam Huthamah) dan segala sesuatu yang dimasukkan ke dalamnya pasti hancur berkeping-keping.


English - Sahih International


No! He will surely be thrown into the Crusher.


Al-Humazah 104:5


وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Dan tahukah kamu) atau apakah kamu mengetahui (apa Huthamah itu?)


English - Sahih International


And what can make you know what is the Crusher?


Al-Humazah 104:6


نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Yaitu api -yang disediakan- Allah yang dinyalakan) yang dinyalakan dengan besarnya.


English - Sahih International


It is the fire of Allah, [eternally] fueled.


Al-Humazah 104:7


ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَةِ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Yang naik) maksudnya panasnya naik membakar (sampai ke hati) lalu membakarnya; rasa sakit yang diakibatkan api neraka jauh lebih memedihkan daripada api lainnya, karena api neraka sangat lembut dan dapat memasuki pori-pori, lalu membakar hati.


English - Sahih International


Which mounts directed at the hearts.


Al-Humazah 104:8


إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Sesungguhnya api itu atas mereka) di dalam ayat ini Dhamir dijamakkan karena memandang dari segi makna (ditutup rapat-rapat) dapat dibaca Mu`shadah dan Muushadah; artinya mereka dibakar dengan api itu dalam keadaan ditutup rapat.


English - Sahih International


Indeed, it [i.e., Hellfire] will be closed down upon them .


Al-Humazah 104:9


فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍۭ 


Indonesian - Tafsir Jalalain


(Pada tiang-tiang) dapat dibaca 'Amadin dan 'Umudin (yang panjang) lafal ini menjadi sifat dari lafal sebelumnya; dengan demikian maka api itu berada dalam tiang-tiang tersebut.


English - Sahih International


In extended columns.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama